JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Ungkapan rasa syukur masyarakat Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto atas telah selesainya pembangunan jembatan Bailey oleh TNI Yonzipur 4/TK Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah pasca banjir bandang Gunung Api Marapi yang menghanyutkan jembatan penghubung di Nagari tersebut.

Ungkapan rasa syukur masyarakat dengan do’a dan makan bersama tersebut sekaligus melepas Yonzipur 4/TK Ambarawa Semarang untuk kembali bertugas ke kesatuan masing-masing, kemarin di Gedung Serba Guna Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto.

Wali Nagari Paninjauan Drs. Afrizal, M.Pd sampaikan jika bencana alam yang terjadi di Nagari Paninjauan ini telah terjadi semenjak awal December 2023 lalu yaitu erupsi Gunung Api Marapi dimana dampak abu vulkaniknya merusak lahan pertanian masyarakat hingga kini tiba galodo yang tidak hanya merusak lahan pertanian masyarakat namun juga memporak porandakan 4 (empat) unit jembatan dari 6 (enam) unit jembatan yang ada rusak berat.

“Selain banjir bandang ini merusak infrastruktur jembatan juga berdampak pada rumah warga dibantaran sungai, lahan pertanian, kolam Ikan dan lainnya," kata Afrizal.

Dikatakan, dengan semangat gotong royong masyarakat hampir 80 persen lahan pertanian masyarakat sudah bisa dimanfaatkan kembali dan juga berkat bantuan Pemerintah Daerah dan TNI AD Yonzipur 4/TK Ambarawa Semarang bersama masyarakat 2 (dua) unit jembatan Bailey juga rampung dikerjakan.

“Terima kasih Pemerintah Pusat, Pak Bupati Eka Putra, TNI Yonzipur Ambarawa, para perantau dan donatur lainnya yang telah memperhatikan dan menyalurkan bantuan bagi masyarakat Nagari Paninjauan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Dantonzipur 4/TK Ambarawa Letda Haikal Lazuardy menyampaikan, jika dua jembatan beiley yang dibangun di dua titik yaitu di Taweh dan Katiagan telah selesai dikerjakan dan sudah bisa dimanfaatkan kembali.

“Semoga dua jembatan bailey di Nagari Paninjauan yang sudah dikerjakan ini dapat memulihkan kembali perekonomian masyarakat pasca banjir bandang Marapi yang melanda beberapa waktu itu dan memudahkan akses jalan bagi masyarakat," katanya.

Pihaknya, juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati, Pak Dandim 0307 Tanah Datar, Kapolres Padang Panjang, Camat X Koto, Dandenzibang Padang, Wali Nagari Paninjauan serta Tokoh Masyarakat.

"Mereka telah memberikan dukungan moril maupun materil sehingga kami dapat menyelesaikan pembangunan jembatan bailey ini dengan baik, lancar dan sesuai jadwal, dan sekaligus kami mohon pamit," demikian Letda Haikal Lazuardy.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM sampaikan ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada TNI AD Yonzipur Ambarawa 4/TK Semarang yang telah membangun jembatan bailey di Nagari Paninjauan sehingga akses masyarakat kembali normal.

“Alhamdulillah, kami atas nama Pemerintah Daerah, Masyarakat Tanah Datar umumnya dan Nagari Paninjauan X Koto khususnya mengucapkan terima kasih kepada Zipur Ambarawa dan Denzibang Padang yang telah menyelesaikan pembangunan dua unit jembatan bailey di Nagari Paninjauan dan dua unit di Nagari Koto Laweh," katanya.

Dikatakan, ada 7 (tujuh) unit jembatan bailey ini yang dibangun TNI AD ini 4 (empat) di Kecamatan X Koto, selebihnya ada di Pariangan, Parambahan dan Rambatan.

“Tahun ini juga akan dibangun jembatan permanen di Nagari Paninjauan, Nagari Koto Laweh dan juga di Nagari Singgalang dengan anggaran diperkirakan untuk 1 (satu) unit jembatan mencapai Rp 9 miliar," ujarnya.

Lebih lanjut, di tahun depan juga akan dibangun sebanyak 22 unit jembatan permanen, pembangunan kembali areal persawahan, pembangunan rumah rusak akibat galodo dengan metode mandiri lahan milik sendiri dan metode terpadu dimana lahan disiapkan pemda dan itu sudah dihibahkan Pemprov. Sumbar tanah seluas 3,8 hektar. (MG)
 
Top