JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Baru beberapa hari memasuki masa transisi pasca terjadinya bencana alam banjir bandang dan longsor di kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra, SE, MM. Kamis (13/06/2024) kunjungi kantor Kementerian Sosial RI, di Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat.

Kehadiran Bupati Eka Putra yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Yusrizal di Kementerian Sosial disambut langsung oleh Sekretaris Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Rabiah di ruang kerjanya.

"Sejak berakhirnya 28 hari masa tanggap darurat bencana, Alhamdulillah, seluruh keluarga korban hilang yang belum ditemukan sudah mengikhlaskannya. Dan, terhitung sejak tanggal 9 Juni kemarin, Kabupaten Tanah Datar memasuki masa transisi selama satu tahun ke depan untuk kembali bangkit pasca bencana yang terjadi," kata Bupati Eka Putra.

Dikatakan, walaupun sudah memasuki masa transisi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar masih sangat membutuhkan dukungan dari Kemensos RI, terutama untuk menangani masalah korban.

"Saya hadir saat ini, selain untuk menyampaikan ucapan terima kasih langsung kepada Bu Menteri atas bantuannya, juga untuk menyampaikan permohonan bantuan untuk para korban dimasa transisi ini," harapnya.

Ditambahkan, pada masa transisi, Pemerintah Daerah Tanah Datar akan melakukan relokasi untuk membangun kembali rumah-rumah para korban di lokasi yang jauh lebih aman.

"Alhamdulillah, saat ini beberapa rumah hunian sementara sudah selesai dan lahan untuk relokasi pun sudah kami siapkan. Ke depannya tentu kami mengharapkan bantuan dari Kemensos untuk pemulihan ekonomi para korban bencana tersebut kembali," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Rabiah menyampaikan turut berduka atas bencana yang terjadi di Tanah Datar.

"Alhamdulillah, Pak Bupati sangat perhatian kepada warganya. Saya lihat di medsos, Pak Bupati selalu bersama pengungsi. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan jajarannya yang telah menangani bencana ini secara maksimal," katanya.

Terkait, harapan yang disampaikan Bupati Eka Putra, Rabiah menyarankan, agar Pemda Tanah Datar membuat usulan apa yang dibutuhkan kepada Mensos RI.

"Silahkan diajukan apa-apa yang dibutuhkan. Misalnya, pemberdayaan sosial melalui modal usaha untuk korban atau bantuan untuk 10 keluarga penyintas banjir dan yang lainnya. In Syaa Allah Kemensos akan membantu dengan berbagai program," tutupnya. (MG)
 
Top