JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di berbagai bidang, kali ini khusus di bidang kesehatan yaitu melalui berbagai Program Unggulan (Progul) salah satunya program berobat secara gratis ke Rumah Sakit Daerah ataupun Rumah Sakit diluar Daerah.

Salah satu bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap adalah, diserahkannya 1 unit Ambulance untuk Nagari Kumango oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada Wali Nagari Kumango Iis Zamora dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis, Rabu (31/07/2024) di halaman Wantor Wali Nagari setempat.

Bupati Eka Putra menyampaikan, dengan telah diserahkannya Ambulance tersebut masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika berobat terkendala dengan biaya dan sebagainya.

Dikatakannya, saat ini Pemda Tanah Datar telah mencanangkan program berobat gratis, baik itu di Rumah Sakit Daerah ataupun Rumah Sakit diluar Daerah. Untuk itu dengan adanya mobil Ambulance yang selalu stanby tentu akan lebih memudahkan apabila ada yang membutuhkan pertolongan karena letak rumah sakit cukup jauh.

"Didasari permintaan dari Wali Nagari bersama masyarakat untuk menyediakan Ambulance di nagari pada tahun 2023 lalu, pemerintah daerah melalui  Dinas Kesehatan langsung menganggarkan. Alhamdulillah, hari ini sudah bisa kita wujudkan sebuah Ambulance untuk nagari," katanya.

Kepada masyarakat, Bupati juga mengajak dan mengimbau agar manfaatkan program berobat gratis.

"Jangan takut untuk biaya, kami pemerintah daerah melalui OPD terkait siap melayani masyarakat yang sakit, yang terpenting masyarakat terlayani dan terbebas dari penyakit," ujarnya.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat Nagari Kumango dan sekitarnya, untuk memanfaatkan ambulance yang telah diserahkan ke pemerintahan nagari secara maksimal.

“Manfaatkanlah ambulance ini secara maksimal sesuai fungsinya, pelihara dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan dalam nangka waktu lama," pesannya.

Sementara itu Wali Nagari Kumango Iis Zamora,  menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah  atas bantuan ambulance yang diberikan.

“Terima kasih Pak, bantuan ini akan kami maksimalkan pemanfaatannya dan untuk anggaran perawatan juga sudah kami rancang dan bicarakan dengan pihak terkait, mengingat ambulance yang dipinjamkan sebelumnya biaya operasional bersumber dari dermawan. Semoga bantuan ini menjadi amal ibadah bagi pak Bupati dan kita semua,” katanya.

Untuk pemanfaatannya, Wali Nagari membuka akses seluas-seluasnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Rencananya mobil ini akan diinapkan di kantor Wali Nagari, silahkan semua masyarakat yang membutuhkan untuk memanfaatkannya,” pungkasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Ahmad Yani mengatakan, dengan adanya bantuan Ambulance ini bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat Kumango.

“Luar biasa, terima kasih atas bantuan dan perhatian pak Bupati, semoga niat baik ini dibalas amal ibadah disisiNya kepada Bupati dan jajarannya,” katanya.

Sementara, Kadis Kesehatan Yesrita Zedrianis mengatakan, Ambulance yang diserahkan ini dibeli menggunakan APBD Dinas Kesehatan tahun 2024 berupa 1 unit kendaraan roda 4 jenis GrandMax 1.3 lengkap dengan peralatan penunjang lainnya. (MG)
 
Top