JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dalam upaya menekan angka kemiskinan di Tanah Datar, pemerintah terus berupaya dengan meluncurkan berbagai program bantuan guna untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjamin kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah program  berobat gratis.

Untuk itu kepada masyarakat penerima manfaat program tersebut, pemerintah daerah mengharapkan agar bisa memanfaatkan fasiltas berobat gratis tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, saat menghadiri acara Tabligh Akbar dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H, di Masjid Istiqomah Jorong Lurah Ampang, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, kemarin.

Dikatakan, program berobat gratis diluncurkan dengan tujuan untuk membantu masyarakat Tanah Datar yang banyak tidak mau atau bisa berobat karena tidak punya BPJS ataupun tidak punya uang.

“Karena fenomena itu, Saya laksanakan program ini. Agar masyarakat Tanah Datar yang sakit bisa berobat untuk kesembuhan penyakitnya, Insya Allah biaya selama dirawat akan kami tanggung sepenuhnya,” katanya.

Menurutnya, untuk awal berobatnya memang harus ke RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar yang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Bapak dan Ibuk silahkan berobat di RSUD M. Ali Hanafiah dahulu, sekiranya memang harus dirujuk ke rumah sakit lainnya, maka akan dirujuk dan biayanya tetap akan kami tanggung, alias gratis bagi bapak dan ibuk,” ujarnya.

Selain program berobat gratis kata Bupati, Pemerintah Daerah juga meluncurkan berbagai program lainnya yang berkaitan dengan gratis atau tanpa dipungut biaya sama sekali.

"Khusus Tanah Datar kita memilki Program Unggulan (Progul) Daerah, seperti progul bajak gratis, Makan Rendang yang bertujuan untuk menghindarkan masyarakat dari jerat rentenir. Ini merupakan program bantuan modal tanpa bunga, dengan pinjaman tanpa agunan maksimal 10 juta selama dua tahun angsuran," jelasnya.

Lebih lanjut, Pemerintah Daerah juga meluncurkan program bajak sawah gratis, subsidi pupuk, asuransi tani dan sapi, perbaikan jaringan irigasi, satu rumah satu hafizh/hafizah dan program lainnya yang semuanya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkannya, khusus kegiatan peringatan tahun baru islam yang dilakukan oleh masyarakat malam ini adalah salah satu kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendukung program satu rumah satu hafizh/hafizhah

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra juga mengingatkan agar masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang belum jelas kebenarannya atau hoax, terutama terkait progul daerah.

“Untuk kebenaran informasi terkait progul daerah silahkan langsung komfirmasi ke Kepala Jorong, Wali Nagari, Camat bahkan boleh langsung kepada Saya,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Gusneti yang merupakan orang tua Rosi Anggraini sebagai penerima manfaat program berobat gratis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang telah membantu anaknya.

"Terima kasih Pak Eka dan jajaran yang telah membantu biaya berobat anak saya, semua itu gratis. Dulu anak saya hanya terbaring sakit karena tidak ada biaya, Alhamdulillah berkat bantuan bapak anak Saya sudah bisa beraktifitas kembali dengan menggunakan kursi roda," katanya.

Sebelumnya, Ketua Pengurusan masjid Mudasir menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram 1446 H di masjid Istiqomah diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, diantaranya pawai obor dan ceramah agama oleh Ustadz Dafri. (MG)
 
Top