JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Tanah Datar sehat Merdeka Berobat dengan telah dicanangkannya Universal Health Coverage (UHC) bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Wilayah II oleh Bupati Eka Putra, SE, MM beberapa waktu lalu, hal ini sebagai langkah penting menuju sitim kesehatan yang lebih adil dan merata di Tanah Datar.

“Saat ini bagi warga Tanah Datar yang akan berobat gratis tidak memiliki BPJS cukup dengan KTP dan KK datang ke Dinas Sosial akan diurus BPJS nya dan bagi yang BPJS mandiri tapi menunggak maka akan diurus BPJS yang baru dan itu gratis,” kata Bupati Eka Putra.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra ketika silaturrahmi dan temu kader PKK, KB, Posyandu dan Guru PAUD se Kecamatan Tanjung Emas di Gedung Serbaguna Kantor Camat Tanjung Emas, Senin (26/08/2024), kemarin.

Bupati Eka Putra juga sebut berobat gratis ini tidak hanya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Ali Hanafiah saja namun juga rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS termasuk rumah sakit swasta.

Bupati minta kader di Magari-Nagari juga berperan aktif menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait program berobat gratis tersebut, agar masyarakat Tanah Datar yang sakit dapat merasakan manfaat program berobat gratis tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, SE juga menyampaikan upaya pemerintah daerah selain berobat gratis melalui Tim Penggerak PKK juga terus menurunkan angka stanting di Tanah Datar.

Terkait stunting disampaikan Ny. Lise Eka Putra yang harus dihindari seperti menikah terlalu dini, melahirkan terlalu muda dan terlalu tua, jarak anak yang terlalu rapat.

”4 (empat) M dalam menuntaskan stunting, Mendata, Mengedukasi, Memotivasi dan Memberi makanan tambahan,” kata Ny. Lise Eka Putra.

Ny. Lise juga mengajak ibu-ibu yang punya balita untuk ke posyandu, ibu hamil yang selalu memeriksakan kehamilan kepusat pelayanan kesehatan, meningkatan asupan gizi, dan masalah stunting adalah masalah bersama yang harus dientaskan.

Pada saat silaturrahi dan temu kader tersebut juga ditampilkan drama sebabak tentang stunting yang diperankan kader dan memukau penonton dengan kelucuaannya. (MG)
 
Top