JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--DPRD Tanah Datar gelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2024, di ruang rapat DPRD setempat, Sabtu (10/8/2024), kemarin.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. dalam penyampaiannya mengatakan, Pemerintah Daerah akan melakukan beberapa penyempurnaan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di tahun 2024, didasari perubahan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

Menurutnya, perubahan KUA dan perubahan PPAS Tahun Anggaran 2024, terdapat beberapa penyesuaian asumsi dasar terkait kondisi perekonomian makro di Kabupaten Tanah Datar yang menjadi sasaran pokok pembangunan di tahun ini.

"Kami menyadari masih banyak kebutuhan pembangunan dan permintaan masyarakat yang saat ini terus diupayakan. Namun, karena keterbatasan anggaran yang tersedia, alokasi anggaran berdasarkan skala prioritas pembangunan dan penyelenggaraan urusan wajib pemerintah," katanya.

Selepas itu, Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi DT. Bungsu didampinggi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani dan Anton Yondra dilanjutkan dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

Dimana, delapan Fraksi menyampaikan pandangannnya dimulai dari, fraksi PAN, fraksi PKS, fraksi Gerindra, fraksi Demokrat, fraksi Nasdem, fraksi PPP dan fraksi Hanura.

Fraksi PPP dengan juru bicara Zulhadi, M.Pd berharap dengan adanya Perda perubahan APBD tahun 2024, untuk bisa dimanfaatkan dengan baik agar tercapai target program yang menjadi prioritas utama dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, dari fraksi Gerindra dengan juru bicara  Kamrita menyebutkan pemerintah daerah Tanah Datar sesegera mungkin untuk melaksanakan Perda no. 2 tahun 2022 tentang SPBE terutama dalam peningkatan pendapatan daerah.

Disisi lainnya, fraksi PKS dengan juru bicara Nurzal berharap perubahan APBD tahun anggaran 2024 agar menjadi harapan baru bagi masyarakat kabupatenTanah Datar, sekaligus dapat dioptimalkan dalam rangka penataan kehidupan yang lebih baik.

Tidak lama berselang waktu, DPRD Tanah Datar kembali melanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi atas Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh fraksi di DPRD Tanah Datar yang telah menyumbangkan pemikiran dalam bentuk  pernyataan dan saran terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

"Terima kasih kepada seluruh fraksi atas sumbangan pemikirannya yang telah disampaikan pada Rapat Paripurna sebelumnya. Kami menyadari bahwa semua ini, sangat besar artinya dalam penyempurnaan rancangan peraturan daerah," tutup Bupati Eka Putra. (MG)
 
Top