JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi atas semangat dan kebersamaan masyarakat Nagari Pariangan untuk mendirikan Balai-balai Adat Maharajo Basa.

Hal ini disampaikan Bupati selepas meletakkan Batu Pertama pembangunan Balai-balai tersebut, Minggu (11/8/2024), kemarin di aula STIE Al Hikmah Pariangan.

"Saya menyampaikan apresiasi dan dukungan untuk mendirikan kembali balai-balai adat yang konon katanya dihancurkan oleh penjajah Belanda dahulu," katanya.

Dikatakan, keberadaan Balai-balai adat nantinya tentu akan sangat bermanfaat bagi kaum adat dan masyarakat Nagari Pariangan.

"Tentu, Saya berharap pembangunan balai adat ini segera selesai, sehingga dapat dimanfaatkan segera, dan bahkan menjadi satu sarana penting untuk melestarikan adat budaya kepada generasi muda di Nagari ini," ujarnya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan, telah cukup banyak keberhasilan Pemerintah Daerah selama ia menjabat yang diapresiasi Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Pusat.

"Beberapa waktu kemarin, Saya menerima penghargaan UHC Award 2024. Dimana penghargaan ini sejalan dengan Program Berobat Gratis bagi Masyarakat Tanah Datar. Dan dengan penghargaan ini kita memiliki hak istimewa pada BPJS Kesehatan, yakni warga Tanah Datar bisa mendaftar BPJS dengan hanya menggunakan KTP," ungkapnya.

Lebih lanjut, komitmennya untuk terus mendukung bidang adat istiadat yang dilestarikan melalui salah satu Program Unggulan Satu Nagari Satu Event.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Pembangunan Dt. Basa Gadang menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Bupati Tanah Datar untuk pembangunan Balai-balai Adat Maharajo Basa.

"Balai-balai ini sudah sangat lama diidamkan masyarakat yang bisa terwujud pada masa pak Bupati Eka Putra, terima kasih atas dukungannya pak," sampainya.

Senada, Wali Nagari Pariangan Tasman, tokoh masyarakat yang juga Ketua LKAAM Tanah Datar A. Dt. Andomo dan tokoh lainnya, atas peletakan batu pertama balai-balai adat tersebut.

"Perhatian pak Bupati sangat tinggi di bidang adat, Alhamdulillah, beliau membantu pembangunan awal Balai adat ini yang diperkirakan mencapai biaya Rp1 Miliar, semoga ke depan pak Eka akan terus membantu pembangunan balai-balai ini," sampai A. Dt. Andomo.

Turut hadir anggota DPRD Tanah Datar terpilih D. Dt. Bandaro Putiah, Camat bersama Forkopimca Pariangan, ketua dan anggota Yayasan Buya Haji Umar Bakri Pariangan, Ketua STAI Al Hikmah dan undangan lainnya. (MG)
 
Top