JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Untuk kesiapan personel pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polres Tanah Datar gelar Peragaan Sispam Kota Operasi Mantap Praja Singgalang Tahun 2024 dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di wilayah hukum Polres Tanah Datar, rabu (21/8/2024), kemarin di depan gedung promosi Batusangkar.

Kapolres Tanah Datar AKBP Derry berharap dengan dilaksanakan simulasi ini seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada tahun 2024 mampu menghadapi situasi terburuk sesuai mekanisme aturan yang berlaku.

Menurut AKBP Derry Indra, dalam pelaksanaan simulasi pengamanan Pilkada serentak akan dilakukan berdasarkan tahapan-tahapannya, mulai dri situasi hijau, kuning dan sampai situasi dalam situasi anarkis (merah).

Terkait hal itu, Kapolres berharap agar simulasi inu dilakukan secara profesional sesuai peraturan yang berlaku dalam penanganan permasalahan Pilkada maupun gangguan kamtibmas lainnya..

"Peragaan Sispam Kota ini sebagai bentuk kesiapan sekaligus langkah strategis dalam menjaga keamanan selama proses tahapan Pilkada serentak tahun 2024. Ini juga merupakan rangkaian dalam tahapan operasi Mantap Praja Singgalang Tahun 2024, sehingga kita dapat mengetahui potensi apa saja yang nantinya akan terjadi selama pelaksanaan tahapan pengamanan Pilkada," katanya.

Kapolres juga menyampaikan, dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 ini pihaknya akan menurunkan ⅔ personel ditambah dari TNI dan instansi lainnya sebanyak 320 personel.

Terakhir, AKBP Derry Indra berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam peragaan Sispam agar mempersiapkan mental dan kesehatan, serta berkoordinasi antar instansi dengan baik untuk menciptakan Pilkada yang nyaman.

"Ikutilah peragaan Sispam ini dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, agar memperoleh hasil yang maksimal. Simulasi ini sangat penting, sebagai bukti komitmen Polri dalam menjamin keamanan Pilkada serentak tahun 2024 khususnya di kabupaten Tanah Datar," tegasnya.

Sementara, Bupati Tanah Datar yang hadir langsung menyaksikan peragaan Sispam menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres dan jajarannya yang telah melakukan simulasi tersebut.

"Kita di Tanah Datar telah menyepakati Pilkada badunsanak, artinya kita semua sama dan apapun keadaannya kita akan tetap bersama. Kepada seluruh personel yang melakukan pengamanan di lapangan. Saya minta kepada seluruh personel, untuk mengutamakan kesabaran dalam menghadapi berbagai persoalan yang terjadi. Sekali lagi, Saya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terima kasih kepada Polres Tanah Datar, Kodim 0307 Tanah Datar dan semua pihak yang terlibat," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Wakil Ketua DPRD Tanah Datar sementara Nurhamdi Zahari, Forkopimda Tanah Datar, Ketua KPU Tanah Datar, Ketua Bawaslu Tanah Datar dan undangan lainnya. (MG)
 
Top