JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar upacara penurunan bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 tahun 2024 di lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Sabtu (17/8/24), kemarin.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM. Perwira Upacara Lettu. Inf. Khairul Anwar dan Komandan Upacara Lettu Armed Arnas.

Upacara penurunan Bendera Merah Putih yang juga turut diikuti Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH, Ketua DPRD Tanah Datar sementara Anton Yondra dan Anggota, Forkopimda Tanah Datar, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Ny. Patty Richi Aprian, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan undangan lainnya.

Disaksikan ribuan pasang mata masyarakat Batusangkar, upacara tersebut dimeriahkan dengan penampilan polisi cilik dari SD Negeri 01 Lima Kaum binaan Kapolres Tanah Datar dan atraksi marching band Pastisi Bhara Smara Gita dari SMA Negeri 1 Batusangkar

Pada penurunan Bendera Merah Putih, bertindak sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih yaitu Aqilah Rahmah dari SMA N 1 Batusangkar dan bertugas menurunkan bendera adalah M. Ipol dari SMA N 1 Rambatan, Rafif Fakri Melvi dari SMA N 3 Batusangkar dan Sulthan Nadhim Bariza dari MAN  Tanah Datar, dengan komandan pasukan pengibar bendera Ipda Ikhsan Maulana.

Sementara itu, korsik dari Drumband Partisi Bhara SMARA Ghita SMA Negeri 1 Batusangkar dan paduan suara siswa siswi SMA Negeri 3 Batusangkar.

Prosesi sakral penurunan bendera Merah Putih ini berjalan dengan khidmat dan lancar, dengan kesiapan yang prima, para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebagai informasi, Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan bendera merah putih tersebut sebanyak 63 orang putra dan putri terbaik yang telah melalui proses seleksi hingga pelatihan dengan pelatih dari TNI, Polri, Satpol PP dan dibantu Purna Paskibraka Tanah Datar.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Paskibra dan panitia penyelenggara, khusus Anak –anak kita mampu memberikan kemeriahan di perayaan kemerdekaan RI ke 79, ini sangat luar biasa,” kat Bupati Eka Putra. (MG)
 
Top