JA.com Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Pasangan calon bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota Deni Asra dan Riko Febrianto, diyakini banyak pihak, bakal membawa perubahan besar bagi daerah yang berbatas dengan Riau itu.


Hal ini berkaca dari sejumlah daerah di Sumbar, yang maju pesat ketika Bupati dan Presiden punya hubungan langsung. “Kita contoh Dharmasraya, sejak dipimpin Sutan Riska, bupati yang muda itu, daerahnya maju,” kata Zamfarul Husman, tokoh masyarakat Harau.


Saban hari, pengusaha yang bergerak di tekstile itu sengaja mengajak puluhan kelompok ibu -ibu Yasin asal 3 Kecamatan keliling Sumbar-Riau-Jambi dan mampir di Dharmasraya. 


“Masjid Raya di sana, dibangun pakai APBN. Itu kalau bukan hubungan Bupati baik dengan Presiden mana bisa dapat, kami semua juga rindu di Limapuluh Kota bupati nanti yang kenal langsung dengan Presiden Prabowo,” sambung dia didampingi Hj Nurlela, aktivis keagamaan perempuan yang mendukung Deni Asra.


Seperti diketahui , Deni Asra adalah Ketua Gerindra Limapuluh Kota. Di Pilkada 2024, dia ditugasi Ketum Gerindra yang juga Presiden terpilih Prabowo Subianto maju bersama calon Wakil Bupati Riko Febrianto. Pasangan berakronim GDR ini, diusung Partai Gerindra, PPP dan Gelora. 


Maju di Pilkada 50 Kota untuk menjalankan penugasan Partai Gerindra, Deni Asra bernyali mundur di DPRD. Padahal mantan Ketua DPRD Limapuluh Kota 2019-2024 itu, baru saja terpilih kembali untuk periode 2024-2029. 

Deni akan digantikan oleh Zulhikmi, tokoh pendidikan dan aktivis PGRI.


Deni-Riko maju di Pilkada mengusung tagline Membangun Lebih Cepat. Dia berkirim pesan, jika Limapuluh Kota ke depan, harus dibangun lebih serius. Pemerataan pembangunan wajib dilakukan. “Ke-13 Kecamatan dan 79 nagari di Limapuluh Kota, mesti mendapat kepastian keberpihakan anggaran,” kata Deni Asra, Sabtu (31/08/2024) usai menghadiri Rapimnas dan Apel Kader Gerindra di Jakarta.


Didampingi Riko Febrianto, Deni berkomitmen akan membawa anggaran diluar APBD dan DAK saat ini, senilai Rp500 Miliar setiap tahunnya, “Alhamdulillah, kami maju di support penuh Bapak Prabowo, Bapak Sekjen Gerindra, Bapak Ketua Harian Prof Dasco, Bapak Andre Rosiade dan Bapak Sudaryono Wamentan,” sebut Deni Asra.


Khusus urusan Pertanian, Deni Asra menyebut, dia sudah berbicara langsung dengan Wakil

Menteri Pertanian Sudaryono. “Andai diberi mandat oleh rakyat dan izin Allah SWT, 100 hari kami setelah dilantik urusan kelangkaan pupuk zero, alias tak ada lagi,” sebut Deni dan Riko.


Menurut Deni, pihaknya berkomitmen, mewujudkan swasembada pangan di 50 kota. “Ini sejalan dg program presiden terpilih bapak prabowo subianto.

Ada dana 600 T disiapkan untuk program swasembada pangan nasional. Lima puluh akan ambil kesempatan itu,” katanya.


Di bidang pendidikan, Deni Asra dan Riko

Febrianto yang mengusung konsep

Limapuluh Kota Smart, memastikan pendidikan gratis dan layak untuk seluruh tingkatan. “Dari SD hingga SMA, wajib belajar 12 tahun. Tanpa bayar uang jenis apapun namanya di sekolah. Iyuran jenis apapun kita tiadakan. Kita siapkan juga program seragam , sepatu dan buku gratis,” jelas Deni.


Deni juga mengaku sedih, dengan minimnya gaji guru honorer di Limapuluh Kota. Sebagai anak guru sekolah dasar, Deni mengaku, honor guru non PNS saat jauh dari baik. “Tunjangan pegawai akan kami tingkatkan, honorer Pemkab di Dinas, Badan, Kantor, itu harus naik. Harus manusiawi. Kami sering dapat keluhan ASN dan honorer,” katanya.


Deni-Riko juga menjamin, jenjang karir birokrasi ke depan. “Tidak ada lagi soal suka atau tak suka. Penempatan jabatan harus berdasarkan kompetensi, mereka (kompeten,) akan di reward. Birokrasi ini tak boleh terpengaruh kepentingan politik. Karena ujung tombak kita adalah aparatur, selain harus sejahtera juga harus terjamin jenjang karirnya,” urai Deni dan Riko.


Untuk urusan adat, Deni dan Riko berkomitmen, perlu direvitalisasi seluruh rumah adat yang tidak terpakai lagi. “Kita akan buat Perda khusus adat. Kita suntikan anggaran. Baik infrastrukturnya, maupun nanti untuk pengembangan kebudayaan dan adat, kami juga sudah bicara dengan tokoh budaya Bapak Fadli Zon, beliau support,” sambung Deni Asra.


Sementara terkait komitmen Deni dan Riko dalam kegiatan anak muda dan milineal, mereka menargetkan akan membangun digital Hub di Limapuluh Kota. Digital Hub adalah sebuah pusat yang mengintegrasikan berbagai fasilitas teknologi, layanan, dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung inovasi dan pertumbuhan bisnis berbasis digital.


Ini mencakup infrastruktur teknologi, ruang kerja, program inkubasi dan akselerasi, serta jaringan komunitas yang mendorong kolaborasi dan per­kembangan industri tek­nologi. “Kita akan rangkul para gamers untuk menjadi atlit nasional dan internasional , lewat esports,” katanya. 


Deni dan Riko juga memastikan, akan menggandeng investor lokal dan luar daerah dalam menanamkan modal di Limapuluh Kota. “Sepanjang sesuai adat, agama, budaya dan berpegang teguh kepada kearifan lokal, kami jamin investasi yang masuk ke Limapuluh Kota aman. Kami akan fasilitasi,” sebut Deni.


Menurut dia, investasi skala besar yang masuk

ke Limapuluh Kota, akan membuat peredaran uang masif di nagari-nagari. “Lapangan kerja terbuka, masyarakat sejahtera. Kita mainkan subsidi silang. Mana yang butuh modal usaha, kita suntik. Bagaimana masyarakat bahagia kalau ekonomi masih belum baik, ini yang ingin kami pastikan berjalan,” jelas dia.


Deni-Riko juga berjanji, akan melibatkan semua kekuatan Sumberdaya manusia di Limapuluh Kota. “Kita akan rangkul tokoh-tokoh. Perantau, pensiunan, akademisi, ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, pemuda,” sebutnya.


Pasangan yang dikenal low profile ini mengatakan, juga akan menghidupkan kembali Perusda yang sudah tak berjalan. “Untuk perusahaan daerah, nanti akan kita bentuk beberapa. Kita libatkan pihak berkompeten mengurusnya. Limapuluh Kota ini punya banyak tokoh, tapi selama ini tak dilibatkan. Kami akan rangkul semuanya,”

sambung Deni dan Riko.


Deni Asra dan Riko Febrianto memohon doa semua pihak, untuk mendukung mereka dalam Pilkada mendatang. “Tanpa dukungan bapk dan Ibu, kami tidak ada apa-apanya. Mari kita bergandengan tangan. Bersama membangun Limapuluh Kota,” demikian GDR.


*GERINDRA DUKUNG TOTAL* 


Ketua Harian Partai Gerindra Profesor Sufmi Dasco, pendiri Partai Gerindra Fadli Zon, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade memastikan, Partai besutan Prabowo Subianto itu akan mendukung total Deni-Riko.


“Harus menang ya, kita bangun Limapuluh Kota yang makmur dan diguyur bantuan Pusat,” kata Sufmi Dasco, saat berjumpa Deni dan Riko. Wamentan Sudaryono yang juga kader Gerindra memastikan, akan me support Deni-Riko di sektor pertanian. “Kita bangun Limapuluh Kota,” kata Sudaryono. (rel)

 
Top