JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pawai Lukah, Sangkak Buruang Punai dan Belanga Raksasa mewarnai Festival Pesona Barulak yang mengangkat tema Mambangkik Batang Tarandam, Kamis (19/09/2024) di pasar Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru.

Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Sementara Anton Yondra, Wakil Ketua DPRD Sementara Nurhamdi Zahari, anggota DPRD Zaipul Imra, kepala OPD, Camat, Wali Nagari se Kecamatan Tanjung Baru dan Kecamatan Salimpaung serta undangan lainnya disambut tari galombang masal anak Nagari Barulak.

"Saya apresiasi atas penyambutan kedatangan kami, karena setelah melewati berbagai event nagari, inilah penyambutan yang paling meriah. Insya Allah kalau nagari siap, penyambutan ini akan kita tampilkan pada Festival Pesona Minangkabau (FPM) Desember esok di Istano Basa Pagaruyung," kata Eka Putra.

Dikatakan Bupati lagi, Festival Pesona Barulak bisa dikatakan telah mampu memenuhi maksud dan tujuan dari pelaksanaan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event (SNSE) yaitu kebersamaan.

"Nilai utama SNSE adalah kebersamaan antara seluruh elemen di nagari dalam menumbuhkembangkan dan melestarikan adat, budaya serta kuliner khas di nagari. Dan Barulak relatif berhasil, dengan terus mempertahankan untuk mengajar anak kemenakan untuk petatah petitih, kemudian kuliner pangek lapuak yang masih ada di berbagai kegiatan sosial masyarakat di nagari," ujarnya.

Tidak itu saja, kata Bupati, dalam SNSE disamping menumbuhkan rasa kebersamaan juga mampu membangun rasa sosial dan bangga akan kampung halaman, bahkan melalui event ini juga akan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di nagari.

"Bukti kecintaan akan nagari dan turut serta melestarikan adat dan budaya, pak Wali Nagari menyampaikan, untuk biaya masyarakat rela untuk swadaya masing - masing. Tentu ini harus diapresiasi, karena ini bukti komunikasi Wali Nagari, panitia pelaksana, perantau dan masyarakat terjalin dengan baik. Sekali lagi Saya apresiasi dan selamat kepada nagari Barulak, dan bonusnya penampilan seni anak-anak tadi juga akan kita tampilkan di FPM esok," tukasnya.

Panitia Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati menyampaikan, meskipun Festival Pesona Barulak sempat terundur dua kali, namun tidak menyurutkan semangat panitia, pemerintah nagari dan masyarakat untuk tetap  melaksanakan.

"Ini merupakan SNSE kedua Nagari Barulak setelah tahun 2022 lalu, meskipun sempat tidak terlaksana 2023 lalu karena bertepatan Pilwana serentak, namun hari ini semua tokoh, perantau dan masyarakat tumpah ruah menyaksikan event ini," katanya.

Diungkapkan F. Dt. Mangiang Sati, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, panitia pelaksana, pemerintah nagari, kecamatan, kabupaten, masyarakat, perantau dan donatur yang telah ikut menyukseskan event tersebut.

"Semangat semua sungguh luar biasa, siang dan malam mempersiapkan acara ini. Dan juga atensi masyarakat kami juga sungguh luar biasa dengan swadaya masing-masing. Tentu di kesempatan baik ini saya sampaikan terima kasih," ujarnya.

Senada, Wali Nagari Barulak A. Dt. Sati Nan Panjang yang menyampaikan betapa Pemerintah Nagari tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk pelaksanaan Festival Pesona Barulak tahun ini.

"Semua yang ditampilkan dan disajikan murni swadaya masyarakat. Dimana bersama panitia siang malam mempersiapkan acara ini dan Alhamdulillah berjalan sukses," katanya.

Diungkapkan A. Dt. Sati Nan Panjang, tema Mambangkik Batang Tarandam adalah sebagai penyemangat anak kemenakan dan masyarakat Nagari Barulak untuk lebih baik ke depan dengan memanfaatkan berbagai potensi handal di Nagari tersebut.

"Semangat Mambangkik Batang Tarandam ini salah satunya adalah keinginan kita untuk menggali dan memperkenalkan kembali bahwa di Barulak dulu ada syech besar dan menjadi guru ulama-ulama besar di zaman dulu, yakni Syech Muhammad Thahir Al Khalidi yang makamnya berada di masjid Raya Barulak, ini yang ingin kita perkenalkan kepada masyarakat dengan menerbitkan sebuah buku tentang beliau," ujarnya.

Sementara tokoh perantau I.R Dt. Paduko Sinaro menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas Progul SNSE nya dan kepada panitia pelaksana, pemerintah nagari dan masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini.

"Alhamdulillah, kegiatan ini kembali bisa terlaksana, terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana bersama pemerintah nagari dan dukungan kita semua bisa terlaksana. Atas nama perantau Saya menyampaikan apresiasi," tutupnya. (MG)
 
Top