JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dibangun kembali Masjid Muslimin Jorong Melur Nagari Lubuak Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM letakkan batu pertamanya, Sabtu (07/09/2024), kemarin.

Mengingat kondisi bangunan dan jamaah, Masjid Muslimin ini direncanakan akan kembali dibangun baru dengan total anggaran mencapai Rp2,250 miliar dan untuk tahap awal pembangunan dimulai dari tiang terlebih dahulu, sehingga masjid lama masih bisa dimanfaatkan untuk ibadah.

“Pada hari ini kita letakkan batu pertama pembangunan kembali Masjid Muslimin Lubuak Jantan oleh Bupati Eka Putra, semoga pembanguna cepat selesai dan berjalan lancar,” ucap Ketua Pengurus pembangunan kembali Masjid Muslimin H. Zulhaimi

Dikatakan Zulhaimi pembangunan tahap awal ini dimulai pembangunan tiang dengan anggaran Rp360 juta untuk tiang saja dimana diperkirakan untuk satu tiang menelan anggaran Rp10 juta dan tiang masjid ini ada 36 tiang.

“Pembangunan awal ini tiang diselesaikan terlebih dahulu dan tahap awal pengecoran lantai atas seletah itu baru dimulai pembongkaran masjid yang lama,” ujarnya.

Untuk infak dan sedekah yang sudah terkumpul dari jamaah dikatakannya dari beberapa tahun yang lalu sebesar Rp120 juta dan semen 80 zak, sementara dana yang dibutuhkan hingga selesai pembangunan masjid ini nanti sebesar Rp2,250 miliar.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM sambut baik pembangunan kembali masjid Muslimin tersebut, dimana nantinya akan semakin meningkatkan kenyamanan jamaah beribadah.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan akan mengalokasikan bantuan sebesar Rp100 juta untuk pembangunan kembali masjid ini.

“Dengan diletakkannya batu pertama pembangunan kembali Masjid Muslimin ini, kita berharap pembangunannya berjalan lancar dan cepat selesai dan akan semakin menambah kekhusukkan jamaah beribadah dan kegiatan keagamaan akan semakin syi’ar dan juga kegiatan tahfizh bagi anak-anak di Nagari Lubuak Jantan,” katanya.

Turut hadir pada saat peletakkan batu pertama tersebut Dirut Bank Nagari Sumatera Barat beserta jajaran, Anggota DPRD Tanah Datar, Camat Lintau Buo Utara, Dandramil, Kapolsek, Wali Nagari Lubuak Jantan, Tokoh Perantau dan beberapa tokoh nasyarakat lainnya. (MG)
 
Top