JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar selalu siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi dalam hal pendidikan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan masyarakat. 


Hal tersebut dibuktikan dengan kembali melakukan audiensi bersama Rektor Universitas Ekasakti (UNES), untuk menindaklanjuti MoU antara Pemkab Tanah Datar dengan Kampus UNES, Kamis (03/10/2024), kemarin di Kampus UNES Padang. 


Audiensi bersama Rektor UNES tersebut dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Tanah Datar Arry Yuswandi didampingi Kepala Dinas PMD PPKB Abdurrahman Hadi, Kabag Pemerintah Arif Ghani dan Kabag Prokopim Dedi Triwidono. 


Sementara dari pihak UNES hadir  Rektor UNES Padang Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Wakil Rektor I, Dr. Ir. Dewirman Prima Putra, M.Si, Wakil Rektor II Dr. Ir. Teti Chandrayanti, M.B.A. Wakil Rektor III Drs. M. Takdir, M.Si dan para dekan fakultas. 


Rektor UNES Padang Sufyarma Marsidin menyampaikan rasa syukur bahwasanya MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang telah dilaksanakan sebelumnya bisa berlanjut. Dia juga mengharapkan kerjasama ini nantinya mampu memberikan aura positif, khususnya untuk masyarakat Tanah Datar. 


“Saya sangat bangga dan senang, karena kehadiran Bupati dan OPD menandakan keseriusan untuk kerjasama ini. Dan, memang kita berharap apa yang kita lakukan pada hari ini mampu memberi aura positif di pemerintahan dan masyarakat Tanah Datar. Untuk itu, perlu ada tindakan nyata,” kata Sufyarma. 


Dikatakan, dalam waktu dekat ini mahasiswa UNES Padang akan melakukan KKN di Kabupaten Tanah Datar yang tersebar di 6 Nagari. 


Tidak itu saja, UNES Padang juga akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Tanah Datar melalui fakultas yang ada. Khususnya fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ilmu pemerintah dengan konsentrasi ilmu pemerintahan desa dan lainnya. 


Sementara itu, Pjs Bupati Arry Yuswandi berharap dengan adanya kerjasama ini hendaknya bisa meningkatkan SDM aparatur dan masyarakat, dengan melahirkan generasi muda yang hebat juga tangguh. Itu semua bisa terwujud tidak lain melalui elemen utama yakni pilar pendidikan. 


“Dengan pendidikan yang baik tentu akan mampu melahirkan SDM Aparatur dan generasi yang hebat dan tangguh untuk mencapai cita-citanya. Karena itu, pemerintah daerah selalu berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, salah satunya UNES Padang ini,” katanya. 


Dikatakan, tindak lanjut MoU dengan UNES Padang ini, selain untuk pendidikan generasi muda juga aparatur negara khususnya di bidang Ilmu pemerintah konsentrasi ilmu pemerintahan desa. 


"Ilmu Pemerintah desa ini sangat penting, karena akan terwujud suatu Pemerintahan Nagari yg berdaya dan mandiri tentunya pengelolaan perlu SDM yang profesional, salah satunya dalam mengusun RAPB Nagari, sebagaimana kita ketahui dana yang di kelola Nagari langsung dari Pusat selain dari Provinsi dan Kabupaten," ujarnya. 


Ia, berharap melalui MoU kedepannya memberi manfaat untuk kedua belah pihak. "Sebagai langkah awal pemerintah daerah Tanah Datar akan bekerjasama untuk melakukan pendampingan kepada Walinagari dan perangkat Nagari untuk pembuatan laporan terkait keuangan di Nagari," pungkasnya. (MG)

 
Top